Pemberangkatan Calhaj Embarkasi Solo Hampir Rampung

Pemberangkatan Calhaj Embarkasi Solo Hampir Rampung

IHRAM.CO.ID, SOLO — Pemberangkatan jamaah calon haji (calhaj) gelombang pertama dari Embarkasi Solo hampir selesai. Gelombang pertama berjumlah 41 kelompok terbang (kloter) dari total 97 kloter yang diberangkatkan Embarkasi Solo.

Calhaj kloter 41 akan masuk Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali pada 18 Juli 2019 pukul 15.00 WIB. Kemudian jamaah calhaj yang berasal dari Kota Tegal dan Kabupaten Batang tersebut akan diterbangkan dari Bandara Internasional Adi Soemarmo pada 19 Juli 2019 pukul 16.45 WIB.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Jemaah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Afief Mundzir, mengatakan, kedatangan jamaah calhaj gelombang ke dua yang diawali kloter 42 ke Asrama Haji Donohudan akan dimulai pada 19 Juli 2019. Calhaj kloter 42 seluruhnya berasal dari Kabupaten Batang.

“Jamaah gelombang kedua akan mendarat langsung di Jeddah Arab Saudi,” kata Afief kepada wartawan, Selasa (16/7).

Menurutnya, setibanya di Arab Saudi, jamaah haji gelombang kedua akan melaksanakan ibadah wajib haji terlebih dahulu di Kota Mekah. Selanjutnya baru melaksanakan ibadah-ibadah sunah di Medinah.

Sebagian jamaah juga dipersiapkan mengenakan pakaian ihram saat di pesawat. Namun, ada juga jamaah yang telah memakai pakaian ihram sejak pemberangkatan dari Asrama Haji. Hal itu disesuaikan dengan keyakinan masing-masing jamaah. “Biasanya para jamaah mengikuti apa yang disampaikan pembimbing di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH),” ujarnya.

Sementara itu, Kasubbag Penerangan Humas dan Protokol PPIH Embarkasi Solo, Agus Widakdo, menambahkan, hingga 16 Juli pukul 08.30 WIB total jamaah calhaj yang masuk Embarkasi Solo sebanyak 31 kloter dengan total 10.880 jamaah. Total yang diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 30 kloter yang terdiri dari 10.745 jamaah.

Berita TerkaitKemudian, total yang tiba di Tanah Suci sebanyak 26 kloter atau 9.317 jamaah haji. Jumlah jamaah haji yang wafat di Tanah Suci sebanyak dua orang. Selain itu, terdapat satu jamaah calhaj yang masih dirawat di RSUD dr Moewardi Solo karena penyakit fraktur tulang pinggul dan paha.

Pada Selasa (16/7), Embarkasi Solo memberangkatkan kloter 29 dan 30 yang dilepas bersamaan dari Asrama Haji Donohudan. “Pelepasan dua kloter sekaligus karena menyesuaikan jadwal penerbangan yang mepet. Kloter 29 penerbangannya pukul 07.20 WIB sedangkan kloter 30 pukul 07.25 WIB,” ucap Agus.

Sumber https://www.ihram.co.id/berita/puqap1313/pemberangkatan-calhaj-embarkasi-solo-hampir-rampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *